Bom Mobil Guncang Konsulat Jerman di Afghanistan

BALKH (KRjogja.com) – Konsulat Jerman di Provinsi Balkh, Afghanistan, menjadi target ledakan bom bunuh diri pada Kamis 10 November 2016 waktu setempat. Kelompok Teroris Taliban mengaku bertanggung jawab atas ledakan dalam rupa bom mobil tersebut. 

Kepala polisi setempat, Abdul Razaq Qaderi menyebut, ledakan yang terjadi sangat besar. Sedikitnya dua warga sipil tewas akibat kejadian ini. Sementara korban terluka mencapai 42 orang, termasuk tiga petugas kepolisian Afghanistan.

Insiden terjadi sekira pukul 20.45 di Mazar e Sharif, ibu kota Provinsi Balkh. Juru bicara Taliban, Zabiullah Mujahid berujar, sasaran mereka adalah para diplomat Jerman yang dianggapnya para penyerbu. Meski begitu, CNN, Jumat (11/11/2016), melaporkan, tidak seorang pun diplomat dari negara Eropa itu turut menjadi korban. 

Mazar e Sharif sendiri dikenal sebagai kota yang paling damai di Afghanistan. Ibu kota Provinsi Balkh itu juga merupakan salah satu kota yang penduduknya paling padat dan berkembang di utara Afghanistan. Walaupun Taliban merajelela di sekitarnya, Mazar e Sharif sejauh ini tidak termasuk kawasan kekuasaan mereka. 

Serangan bom bunuh diri ini datang tujuh harui setelah pasukan gabungan Afghanistan dan Amerika Serikat menggelorakan pertempuran terhadap Taliban di utara kabupaten Kunduz. (*)

BERITA REKOMENDASI