Bom Mobil Tewaskan Petinggi Militer Ukraina

KIEV (KRjogja.com) – Bom mobil meledak di pusat Kota Kiev, Ibu Kota Ukraina pada Selasa (27/6/2017) sekira pukul 12.16 WIB. Mobil yang membawa hulu ledak itu melaju seperti biasa, sebelum akhirnya meledak dan melukai orang di sekitarnya.

Kementerian Pertahanan Ukraina menyatakan, salah seorang kolonel di badan intelijen militernya, Maksim Shapoval, meninggal dalam kejadian tersebut. Selain dia, pengemudi mobil nahas itu juga tewas seketika. Sementara warga sipil yang melintas di sekitarnya terluka.

“Akibat ledakan, seorang anggota Kementerian Pertahanan, Kolonel Maksim Shapoval dari departemen intelijen, meninggal,” demikian keterangan resmi dari Kemenhan Ukraina, seperti disadur dari Reuters, Selasa (27/6/2017).

Pemerintah mengumumkan ledakan tersebut sebagai serangan teroris. Meski begitu, otoritas setempat menolak menjelaskan lebih jauh mengenai dalangnya.

Sejak berseteru dengan kelompok separatis pro-Rusia di timur Ukraina pada 2014, jumlah insiden ledakan di luar zona konflik marak terjadi di negara pecahan Uni Soviet tersebut. Namun, serangan berupa bom mobil terbilang jarang.

Serangan bom mobil terakhir kali terjadi di Kiev pada Juli. Seorang jurnalis investigasi kenamaan Ukraina, Pavel Sheremet, terbunuh dalam insiden tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI