Bom Perang Dunia II Meledak Saat Dijinakkan

Editor: Ivan Aditya

POLANDIA, KRJOGJA.com – Bom terbesar era Perang Dunia II di Polandia meledak di bawah air saat tengah dijinakkan. Bom itu meledak dalam operasi penjinakan di saluran dekat Laut Baltik.

Pejabat Polandia memastikan tidak ada yang terluka akibat ledakan itu. Sebelumnya sekitar 750 penduduk yang berada dekat lokasi telah dievakuasi.

Bom seberat 5 ton itu ditemukan tahun lalu tertanam di kedalaman 12 meter saat pengerjaan pengerukan di dekat kota pelabuhan Swinoujscie di barat laut Polandia.

Angkatan Laut Polandia mengatakan memang mengesampingkan opsi peledakan tradisional karena dikhawatirkan akan menghancurkan jembatan yang berjarak 500 meter dari lokasi.

Akhirnya dipilih teknik yang dikenal sebagai deflagrasi untuk membakar bahan peledak tanpa memicu ledakan, menggunakan perangkat kendali jarak jauh demi menembus cangkang guna memicu pembakaran.

“Tapi pada akhirnya proses deflagrasi berubah menjadi ledakan,” kata Juru Bicara Armada Pertahanan Pantai ke-8 Angkatan Laut Polandia Grzegorz Lewandowski.

Seorang Juru Bicara Balai Kota Swinoujscie mengatakan belum ada laporan yang terluka dalam operasi maupun kerusakan yang terjadi pada infrastruktur kota. (*)

BERITA REKOMENDASI