Boris Johnson Melaju Jadi PM Inggris

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Politikus Boris Johnson resmi terpilih sebagai pemimpin baru Partai Konservatif sekaligus perdana menteri baru Inggris setelah memenangkan pemungutan suara partai pada Selasa (23/07/2019).

Pria 54 tahun itu merupakan mantan menteri luar negeri era Theresa May yang memutuskan mundur pada 2018 lalu karena berselisih paham terkait Brexit dengan sang pemimpin.

Johnson merupakan salah satu politikus tersohor di Inggris. Pria 54 tahun itu dikenal sebagai politikus tegas sekaligus pernyataannya yang kerap mengundang kontroversi.

Johnson juga dikenal memiliki rekor buruk sebagai menteri yang memiliki banyak "musuh politik" di parlemen. Pria kelahiran New York, Amerika Serikat, itu merupakan alumnus Universitas Oxford. Ia juga pernah menjadi ketua persatuan mahasiswa salah satu universitas terbaik di dunia tersebut.

Sebelum terjun ke dunia politik dan pemerintahan, pemilik nama lengkap Alexander Boris de Pfeffel Johnson itu memulai karir sebagai seorang konsultan manajemen. Karir konsultannya tidak berumur panjang hingga akhirnya Johnson memutuskan banting setir ke dunia jurnalistik. (*)

BERITA REKOMENDASI