Brasil Tangkap Penjahat Perang Bosnia

INDAIATUBA (KRjogja.com) – Otoritas Brasil berhasil menangkap Nikola Ceranic pada Sabtu 30 Juli 2016. Pria berusia 47 tahun itu adalah buronan atas kasus kejahatan perang Bosnia yang pecah pada 1992. Perang antaretnis itu berlangsung selama tiga tahun hingga 1995.

Kejaksaan Negeri Brasil menuturkan, polisi berhasil menangkap Ceranic di Kota Indaiatuba, sekira 45 kilometer (km) dari Sao Paulo. Interpol memberikan red alert terhadap Ceranic. Menurut situs resmi Interpol, ia didakwa sebagai penjahat perang terhadap populasi warga sipil.

Seperti diberitakan Reuters, Minggu (31/7/2016), baik Interpol maupun otoritas Brasil tidak merinci dugaan tindakan kriminal yang dilakukan oleh Ceranic. Keduanya juga tidak tahu sudah berapa lama buronan itu tinggal di Negeri Samba.

Yang pasti, Kementerian Kehakiman Brasil pada 24 Juni 2016 mendapatkan tembusan permintaan ekstradisi dari Mahkamah Agung. Permintaan tersebut diterbitkan oleh otoritas Bosnia dan Herzegovina terhadap Ceranic. Sejak itu, pencarian terhadapnya dilakukan oleh otoritas Brasil.

Kejaksaan Negeri dan Kejaksaan Wilayah Brasil bekerja sama dengan koleganya asal Bosnia serta kepolisian Sao Paulo untuk mencari keberadaan dan menangkap Ceranic. Sesuai undang-undang (UU) Brasil, Mahkamah Agung harus menerbitkan perintah ekstradisi kepada seorang warga negara asing (WNA). (*)

 

 

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI