Brasil Tunda Laporan Vaksin Sinovac

Editor: Ivan Aditya

BRASIL, KRJOGJA.com – Negara bagian Sao Paulo, Brasil, menunda penerbitan laporan data kemanjuran vaksin virus corona (Covid-19) yang dikembangkan perusahaan farmasi China, Sinovac. Data kemudian akan dirilis pada 23 Desember mendatang, lebih lambat delapan hari dari yang direncanakan.

Penundaan tersebut muncul setelah lembaga kesehatan Brasil, Anvisa, menuduh Sinovac menggunakan kriteria yang tidak transparan untuk mendapatkan persetujuan darurat atas vaksin CoronaVac.

“Kriteria China yang diterapkan untuk memberikan otorisasi penggunaan darurat di China tidak transparan,” kata Anvisa dalam sebuah pernyataan.

Anvisa juga memperingatkan soal pengaruh geopolitik terkait vaksin itu. Pada awal Desember, Anvisa sempat mengirim tim untuk mengunjungi pabrik Sinovac di Beijing.

Vaksin CoronaVac diproduksi oleh Sinovac bekerja sama dengan Institut Butantan di Sao Paulo. Vaksin itu menjadi sumber perseteruan antara Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Gubernur Sao Paulo Joao Doria, dan pemerintah China. (*)

BERITA REKOMENDASI