Bumi Masih Aman dari Hantaman Asteroid Apophis

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Badan Antariksa dan Penerbangan AS (NASA) menyatakan asteroid Apophis belum akan menjadi malapetaka bagi bumi, tapi setidaknya hingga satu abad ke depan.

Asteroid 99942 Apophis yang namanya dikatakan sebagai kekacauan dan kegelapan Mesir ini dianggap sebagai salah satu asteroid paling berbahaya yang berpotensi menabrak bumi sejak ditemukan pada 2004.

Namun para ilmuwan kemudian merevisi pendapat tersebut setelah melakukan analisis yang tepat terhadap asteroid itu. Prediksi sebelumnya mencatat asteroid selebar 1.110 kaki itu mungkin terlalu dekat pada 2029, 2036, dan kemungkinan kecil akan berdampak dengan Bumi pada 2068.

Lalu kemudian para astronom melakukan pengamatan menggunakan radar untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang orbit asteroid di sekitar matahari.

Hasilnya memungkinkan mereka untuk mengesampingkan risiko asteroid yang berdampak pada Bumi pada 2068. Kekhawatiran sebelumnya tentang 2029 dan 2036 juga telah dikesampingkan karena perbaikan prediksi dan penelitian.

“Tabrakan tahun 2068 sudah tidak mungkin lagi, dan perhitungan kami tidak menunjukkan risiko dampak setidaknya selama 100 tahun ke depan,” kata Davide Farnocchia, insinyur navigasi dan peneliti di Pusat Studi Objek Dekat-Bumi NASA (CNEOS). (*)

BERITA REKOMENDASI