Bunga Bangkai Mekar di Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Setangkai bunga langka raksasa mekar di Kebun Botani Amerika Serikat di Washington DC. Bunga setinggi sekitar dua meter ini mengundang kekaguman masyarakat yang mengunjungi di Kebun Botani Amerika Serikat.

“Aroma tanaman ini seperti daging busuk, layaknya bangkai hewan. Itu sebabnya kami menyebutnya Bunga Bangkai," kata Devin Dotson, juru bicara Kebun Botani, Sabtu (06/08/2016).

Sementara itu pengunjung Don Conley berpendapat, “Aromanya tidak seperti yang saya bayangkan, tetapi yang jelas bunga ini sangat indah. Saya kagum, sangat besar!”

Menurut Dotson, aroma dan namanya yang tidak menarik justru membuat bunga ini menjadi semakin memesona. Ada perasaan unik yang dirasakan orang-orang ketika melihatnya.

Bunga Titan Arum, atau yang lebih dikenal dengan nama Bunga Bangkai, berasal dari Sumatera, Indonesia. Bunga yang dapat tumbuh hingga 6 meter ini sering tertukar dengan bunga Rafflesia Arnoldi yang juga merupakan tanaman endemik Indonesia yang sama-sama berbau busuk. Adapun bau busuk yang dihasilkan sebenarnya berfungsi untuk mengundang lalat dan kumbang untuk menyerbuki bunganya. (*)

BERITA REKOMENDASI