Cara Unik WNI di Belanda : Kumpulkan 45 Penggowes, Tempuh Rute 17,8 Km

DEN HAAG, KRJOGJA.com – Cara unik WNI di Belanda dalam memeringati ulangtahun Kemerdekaan RI, 17 Agustus. Karena masih belum diizinkan mengumpulkan massa dalam pelbagai kegiatan, maka WNI penggowes di Belanda mengumpulkan diri menjadi 45 dan kemudian melaksanakan kegiatan menempuh 17,8 km. Kegiatan menempuh rute dari Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) menuju ke Taman Vlietland, Leidschendam dan kembali lagi ke SIDH.

Minister Counsellor Fungsi Pensosbud Fery Iswandy dalam siaran pers yang diterima menyebutkan, pejabat KBRI mengikuti puncak acara HUT Kemerdekaan RI dilakukan dengan mengikuti live streaming dari Istana Negara. Sehingga pejabat KBRI mengikuti upacara di Jakarta, masih pada Senin dinihari. “Namun pelaksanakan Upacara Penaikan Bendera dilaksanakan di Wisma Duta Besar RI, Wassenaar secara sangat terbatas dan disiarkan secara langsung di akun youtube KBRI Den Haag,” jelas Ferry Iswandi.

Disebutkan, WNI di Belanda ingin memberi makna peringatan ini Kemerdekaan RI. Sehingga mereka, jelas Fery mencoba menggunakan symbol dengan mengumpulan ke-45 pesepeda dan bersepeda dengan menempuh jarak 17,8 Km. “Angka ini menimbolkan 17 – 8 -45, saat Proklamasi Kemerdekaan RI,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini juga diikuti pesepeda pasangan Diego Yanuar dan Marlies Fennema. Keduanya, tahun lalu melaksanakan kegiatan yang disebut Everythinginbetween yakni dengan melakukan perjalanan bersepeda dari Belanda ke Indonesia dengan menempuh 23 negara selama 11 bulan.
Dijelaskan, setelah peserta kembali ke SIDH, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan setempat.

Menurut Ferry, kemeriahan acara dilanjutkan dengan diadakannya lomba pemilihan kostum terunik dan lomba sepeda lambat untuk anak-anak dan dewasa. Menurut Ferry, rangkaian kegiatan HUT RI di Belanda telah dimulai sejak Juli lalu, saat 17 Pejabat dan Staf KBRI bersepeda sejauh 30 KM dari Den Haag menuju Neuwe Kirk Delft dengan mengenakan kostum bernuansakan merah putih. (Fsy)

BERITA REKOMENDASI