Chandrayaan 2 Hilang Kontak

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Pesawat luar angkasa Chandrayaan 2 India yang memasuki orbit bulan pada Selasa (20/08/2019) lalu hilang kontak dengan Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO). Sebelumnya, ISRO berhasil meluncurkan misi Chandrayaan-2 pada Selasa (23/7) pukul 14.43 waktu setempat.

Misi ini membawa 13 muatan berisi orbiter, lander, dan rover dengan bobot total seberat 3,8 ton. Ketiga muatan ini dikembangkan sendiri oleh ISRO.

Ketua ISRO K Sivan mengumumkan India kehilangan kontak dengan pesawat ruang angkasa tersebut saat sedang berusaha mendarat di bulan pada hari Sabtu ini (07/09/2019). "Data sedang dianalisis," kata Sivan di pusat pelacakan agensi di Bengaluru, India.

ISRO kehilangan komunikasi dengan Chandrayaan 2 saat hendak mendarat di bulan. Kontak terputus saat pesawat sedang berusaha melakukan pendaratan lander Vikram di dekat kutub selatan bulan. Para ilmuan menduga kemungkinan adanya cairan es.

"Penurunan lander Vikram diamati normal sesuai rencana dan kinerja hingga ketinggian 2,1 km. Selanjutnya, komunikasi dari Lander ke stasiun darat terputus," kata seorang pejabat ISRO. (*)

BERITA REKOMENDASI