China Ancam Inggris

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China memperingatkan Inggris bahwa pihaknya akan memberikan balasan atas tawaran pindah kewarganegaraan terhadap warga Hong Kong. Ancaman ini diberikan setelah Inggris merespons pengesahan undang-undang keamanan nasional yang dinilai akan mengancam kebebasan warga Hong Kong.

Kedutaan China di London menekankan bahwa semua warga yang tinggal di Hong Kong merupakan warga negara China. Pihak kedutaan mengatakan jika warga Hong Kong merupakan warga negara China juga.

“Jika pihak Inggris melakukan perubahan sepihak terhadap praktik yang relevan, itu akan melanggar posisi dan kesepakatan serta hukum internasional dan norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional,” tulis pihak China dalam keterangannya.

Pernyataan China ini merupakan upaya mendesak London untuk menilai ulang keputusan menawarkan status pindah kewarganegaraan bagi warga Hong Kong. Pernyataan China ini sekaligus mengindikasikan agar Inggris “tidak ikut campur dalam urusan Hong Kong dengan cara apa pun”. (*)

BERITA REKOMENDASI