China Berupaya Jadikan Taiwan Seperti Hongkong

Editor: Ivan Aditya

TAIWAN, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan China tengah berupaya mengubah Taiwan yang demokratis menjadi Hong Kong kedua lewat pemberlakuan undang-undang keamanan nasional. Pernyataan itu disampaikan Joseph di tengah kunjungan Menteri Kesehatan Amerika Serikat Alex Azar di Taipei.

Campur tangan China meningkat setelah pemberlakuan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong pada awal Juli lalu. Tindakan tersebut memicu kekhawatiran Taiwan yang kebebasannya selama ini terancam diambil oleh China.

“Kehidupan kita sehari-hari menjadi semakin sulit karena China terus menekan Taiwan agar menerima kondisi politiknya, kondisi yang akan mengubah Taiwan menjadi Hong Kong berikutnya,” kata Joseph di Taipei.

Beijing telah meningkatkan tekanan diplomatik, militer, dan ekonomi terhadap Taiwan sejak pemilihan Presiden Tasi- Ing-wen pada 2016 dan kemenangan telaknya pada periode jabatan kedua awal 2020 lalu.

China menganggap Taiwan sebagai wilayah mereka dan bersumpah akan merebut, meski dengan kekerasan, terutama jika negara itu mendeklarasikan kemerdekaan. Negeri Tirai Bambu juga memandang Taiwan sebagai bagian dari satu China dengan menyarankan pemberlakuan “satu negara, dua sistem” seperti yang diberlakukan di Hong Kong. (*)

BERITA REKOMENDASI