China Buka Lockdown Sebagian Wilayah

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Beijing membuka lockdown di sebagian wilayah karena pertambahan kasus virus corona mulai menurun. Lima komunitas perumahan yang tidak memiliki kasus baru Covid-19 selama periode kontrol telah dilepaskan dari penguncian pada Selasa kemarin. Penguncian di tujuh komunitas lainnya juga dicabut Jumat lalu.

Beijing memutuskan lockdown di sebagian wilayah setelah ditemukan klaster baru di pasar grosir Xinfadi, distrik Fengtai pada bulan lalu. Pasar tersebut memasok sebagian besar buah dan sayuran segar di Beijing.

Puluhan perumahan yang berada dekat pasar langsung dikunci total dan warga diperintahkan untuk tetap tinggal di rumah.

Media pemerintah China melaporkan bahwa penguncian lima komunitas di distrik Fengtai telah dicabut. Pakar pengendalian penyakit juga mengusulkan rencana untuk menghilangkan pembatasan pada tujuh komunitas lain di daerah sekitar pasar.

Meski demikian, masyarakat diminta tetap memberlakukan aturan ketat di perumahan. Warga yang bukan penduduk asli dilarang memasuki kompleks.

Selain menerapkan lockdown, Beijing meluncurkan pengujian massal virus corona dengan mendirikan 193 stan pengambilan sampel di seluruh kota. Lebih dari 76 ribu orang dites dalam waktu 48 jam. (*)

BERITA REKOMENDASI