China Dukung Penuh Perjuangan Palestina

Editor: Ivan Aditya

BOGOR, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo meminta China terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Hal itu disampaikan saat bertemu dengan Perdana Menteri China Li Keqiang, di Istana Bogor, Jawa Barat.

"Indonesia akan terus berada di garda terdepan dalam perjuangan Bangsa Palestina, dan beliau Perdana Menteri Li Keqiang memberikan dukungan penuh terhadap perjuangan Palestina," ujar Jokowi, Senin (07/05/2018).

Hal itu dibahas sebab dalam pertemuan mereka turut membicarakan isu kawasan dan dunia, serta peran serta ASEAN yang sudah berusia 50 tahun, dalam menciptakan stabilitas dan perdamaian. "Capaian ini akan terus kami jaga dan ditingkatkan oleh ASEAN," ujarnya.

Permintaan ini telah disampaikan pemerintah Indonesia sebelumnya melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam Pertemuan ketiga Komisi Bersama untuk Kerja Sama Bilateral China-Indonesia di Beijing.

Isu ini terus dibahas pemerintah Indonesia sebab Presiden Amerika Serikat Donald Trump memindahkan kedutaan besar Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. AS juga memangkas paket dana bantuan kepada UNRWA (Badan PBB bagian pengungsi Palestina di Timur Dekat).

Akhir tahun lalu, China menyatakan dukungan kemerdekaan Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina, dan perbatasan seperti pada 1967. (*)

BERITA REKOMENDASI