China Ingin Gencarkan Latihan Militer

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China mengungkapkan keinginannya untuk memperluas latihan militer bersama dengan negara ASEAN di kawasan Laut China Selatan. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam pertemuan menteri luar negeri ASEAN dan negara mitra di Bangkok, Thailand.

Wang bahkan menyatakan China ingin "melembagakan" latihan militer tersebut setelah melihat dua latihan sebelumnya. Meski begitu, Wang tidak menjelaskan lebih detail terkait rencana itu.

Latihan militer bersama ini pertama kali digagas dalam pertemuan menteri pertahanan negara ASEAN dan China pada 2015 lalu menyusul ketegangan antara Beijing dan Amerika Serikat di Laut China Selatan memanas.

Latihan militer bersama pertama dilakukan ASEAN-China sekitar Oktober 2018 lalu. Latihan selama enam hari itu dilakukan di Zhanjiang, selatan Provinsi Guandong dan melibatkan personel dari China dan seluruh negara ASEAN.

Sebanyak delapan kapal perang, tiga helikopter, dan lebih dari 1.200 personel mengikuti latihan tersebut. China mengerahkan tiga kapal perang seperti kapal perusak Ghuangzhou, kapal fregat Huangshan, dan kapal pengisian ulang bahan bakar Junshanhu.

Sementara Singapura mengirimkan kapal fregat RSS Stawart-nya. Brunei, Thailand, dan Vietnam masing-masing mengerahkan kapal patroli dan fregat. Indonesia, Kamboja, Malaysia, dan Myanmar mengirim sejumlah observer dalam latihan tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI