China Jatuhkan Sanksi Kepada Taiwan

Editor: Ivan Aditya

BEIJING, KRJOGJA.com – Otoritas China menangguhkan ekspor pasir alam ke Taiwan dan menghentikan impor buah-buahan dan ikan dari pulau tersebut. Langkah itu diambil China sebagai protes terhadap kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

Kementerian Perdagangan China mengatakan ekspor pasir alam ke Taiwan ditangguhkan mulai Rabu (03/08/2022). Sebelumnya, pada Maret 2007, China menghentikan ekspor pasir alam ke Taiwan berdasarkan pertimbangan soal lingkungan. Larangan itu berlangsung selama satu tahun.

Menurut data resmi China, lebih dari 90 persen impor pasir alam Taiwan berasal dari China pada tahun itu. Menjelang kunjungan tersebut, bea cukai China telah menangguhkan impor dari 35 eksportir biskuit dan pastri sejak Senin (01/08/2022).

China juga menghentikan sementara impor jeruk, ikan layur putih dingin dan makarel kuda beku dari Taiwan mulai Rabu (3/8/2022). Menurut China, penangguhan itu dilakukan karena ditemukan residu pestisida pada jeruk dan jejak virus corona ditemukan pada kemasan ikan beku pada Juni lalu. (*)

BERITA REKOMENDASI