China Kecam Tindakan Amerika

Editor: Ivan Aditya

CHINA (KRjogja.com) – Amerika Serikat akan menurunkan sistem pertahanan rudal ke Korea Selatan untuk mengantisipasi agresi militer Korea Utara yang beberapa kali melakukan uji coba nuklir. Keputusan ini disampaikan dalam pernyataan gabungan Kementerian Pertahanan AS dan Korsel.

Pengerahan sistem pertahanan anti-rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) disebut hanya untuk menghadapi ancaman Korea Utara. Pemilihan lokasi THAAD ditempatkan akan ditentukan dalam beberapa pekan mendatang. Diperkirakan sistem ini akan mulai bekerja pada akhir 2017.

Namun keputusan AS dan Korsel ini menuai protes dari Cina, sekutu Korut, yang mengatakan sistem pertahanan tersebut mengancam negara mereka. Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan sistem pertahanan itu hanya akan menciptakan ketidakstabilan di kawasan dan tidak menghentikan program nuklir Korut.

“Cina mendesak AS dan Korsel menghentikan proses pengerahan sistem anti-rudal THAAD, tidak lagi mengambil langkah yang semakin memperumit situasi dan tidak melakukan hal-hal yang merusak kepentingan keamanan strategis Cina,” ujar pernyataan Kemlu Cina. (*)

BERITA REKOMENDASI