China Kecewa Semenanjung Korea Kembali Tegang

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi mengatakan bahwa kembali munculnya ketegangan di Semenanjung Korea setelah dua bulan relatif tenang amat sangat disesalkan. Hal itu ia sampaikan saat melakukan pengarahan dengan mitranya dari Mongolia.

Menteri Wang, yang berbicara dengan wartawan, mengatakan bahwa China memiliki sikap terbuka terhadap solusi untuk masalah nuklir Korea Utara (Korut), namun pihak-pihak lainnya harus bersedia untuk berkonsultasi antara satu sama lain.

Ketegangan kembali meningkat setelah Korut menguji rudal balistik antarbenuanya yang terbaru dan membidik wilayah Amerika Serikat (AS) dalam jangkauannya. Hal tersebut membuat Presiden AS Donald Trump kembali menangani negara pimpinan Kim Jong-un tersebut.

Rudal balistik ICBM tipe baru yang diujicobakan itu diberi nama Hwasong-15. Uji coba tersebut dipimpin langsung oleh Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un. Rudal itu diklaim adalah tipe paling kuat dan sudah sesuai dengan tujuan utama pengembangan senjata nuklir. (*)

BERITA REKOMENDASI