China Kerahkan Tank Hadapi Taiwan

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China mengerahkan tank tempur utama dalam simulasi pertempuran jalanan menghadapi ancaman perang melawan Taiwan. Latihan itu dilakukan militer Negeri Tirai Bambu baru-baru ini.

Latihan itu melibatkan brigade tempur Tentara Group ke-72 yang berbasis di Huzhou, Provinsi Zhejiang, yang merupakan wilayah Komando Timur.

Dalam sebuah film dokumenter yang ditayangkan televisi setempat pekan lalu, dua tank tempur utama, tipe 96A dan kendaraan tempur infanteri tipe 04, terlihat mengikuti latihan tempur tersebut. Kedua kendaraan tempur itu dirancang untuk bertempur di medan kompleks seperti kota dan kota kecil di Taiwan.

Sebanyak 230 tentara dilengkapi 30 tank membentuk tim merah yang menggambarkan pasukan PLA. Sementara itu, sebanyak 70 tentara dan enam tank dikerahkan sebagai tim biru yang merepresentasikan musuh. Tim merah terlihat berupaya menyerang tim biru.

Dengan bantuan tank dan kendaraan amfibi, tim merah berhasil merebut kota itu hanya dalam waktu kurang dari tiga jam setelah membersihkan ranjau darat, penghalang jalan, dan rintangan lain yang ditimbulkan tim biru. (*)

BERITA REKOMENDASI