China Kerahkan Tank ke Perbatasan Hong Kong

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China dilaporkan mengerahkan tentara beserta kendaraan lapis baja ke Kota Shenzhen, Provinsi Guangdong, yang berdekatan dengan perbatasan Hong Kong. Dikhawatirkan Negeri Tirai Bambu sengaja mengerahkan militer untuk meredam aksi demonstrasi di Hong Kong yang sudah berlangsung selama tiga bulan.

Dalam laporannya, media pemerintah China menunjukkan sejumlah besar kendaraan lapis baja ke kota itu. Beberapa tank bahkan telah terparkir di wilayah itu.

Melalui sebuah video yang diunggah di Twitter, surat kabar People's Daily China memperlihatkan kendaraan-kendaraan militer itu dikerahkan ke Shenzhen dengan alasan untuk latihan.

Pengerahan kendaraan militer ini berlangsung ketika demonstrasi masih berlangsung di Hong Kong sejak pekan lalu. Setelah selama tiga bulan berdemo di gedung-gedung pemerintahan, para pedemo menduduki Bandara Internasional Hong Kong kemarin hingga membuat kegiatan di sana lumpuh.

Selain itu, demonstrasi juga berlangsung ricuh selama akhir pekan lalu, di mana para pengunjuk rasa melemparkan bom molotov kepada kepolisian. Aparat merespons pedemo dengan menembakkan gas air mata dan meriam air.

China melalui Kantor Dewan Negara untuk Urusan Hong Kong dan Makau mengecam segala kekerasan yang dilakukan pedemo. Juru Bicara, Yang Guang, bahkan menyebut segala tindak kekerasan pedemo merupakan "aksi terorisme". (*)

BERITA REKOMENDASI