China Khawatirkan Ikan Salmon Bawa Penularan Corona

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China menghentikan sementara impor ikan salmon dari pemasok Eropa di tengah kekhawatiran ikan tersebut menjadi sumber penularan baru virus corona (Covid-19) di pasar grosir Beijing baru-baru ini.

Penangguhan impor itu dilakukan setelah Beijing mendeteksi ratusan kasus virus corona baru yang terkait dengan pasar grosir Xinfadi, Beijing, dalam beberapa hari terakhir.

Surat kabar pemerintah China melaporkan hasil penyelidikan pejabat kesehatan Beijing memaparkan bahwa virus corona terdeteksi di papan talenan yang digunakan untuk memotong ikan salmon di pasar tersebut.

Laporan itu memicu sebagian besar supermarket dan toko daging menarik semua ikan salmon yang dijual, terutama yang berasal dari pasar Xinfadi.

Hasil pelacakan kontak genetik virus pihak berwenang Beijing, virus corona yang terdapat di ikan salmon di pasar Xinfadi itu kemungkinan berasal dari Eropa.

Akibatnya, sejumlah pemasok ikan salmon Eropa menyatakan saat ini tak bisa mengirim dan menjual dagangannya ke China. (*)

BERITA REKOMENDASI