China Kini Sukses Luncurkan Satelit

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China berhasil meluncurkan roket Long March 7A generasi baru. Peluncuran roket China ini merupakan upaya kedua untuk membawa satelit eksperimental ke orbit setelah setahun sebelumnya gagal.

Roket itu diluncurkan dari Situs Peluncuran Luar Angkasa Wenchang, di provinsi Hainan selatan China. Roket tersebut membawa satelit Shiyan-9 untuk menguji teknologi baru milik China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC).

CASC membangun satelit eksperimental hanya dalam delapan bulan. Pencapaian itu diklaim merupakan rekor terbaru untuk satelit penginderaan jauh ukuran menengah hingga besar.

Melansir SCMP, roket tersebut berhasil meluncur ke orbit geosinkron yang sesuai dengan rotasi bumi. CASC mengonfirmasi keberhasilan peluncuran tersebut di akun media sosial resminya 40 menit kemudian.

CASC berencana untuk melaksanakan antara tiga hingga lima CZ-7A yang akan diluncurkan hingga 2025. Kesuksesan peluncuran ini disebut sebagai terobosan bagi China karena Long March 7A dapat meningkatkan bobot muatan ke orbit geosynchronous dari 5,5 ton menjadi 7 ton. (*)

BERITA REKOMENDASI