China Klaim Berhasil Tangani Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah China mengklaim berhasil menangani penyebaran virus corona, meski terus dikritik oleh Amerika Serikat.

“Dalam upaya memerangi epidemi, China bertindak sebagai negara yang bertanggung jawab,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian.

Sejumlah pejabat AS meyakini China sebagai pihak yang patut disalahkan atas penyebaran virus corona di dunia. Mereka menyoroti penanganan awal wabah tersebut pada akhir 2019 oleh China yang dianggap keliru.

Presiden AS, Donald Trump, juga menyinggung soal negara asal penyebaran virus corona. Penasihat Keamanan Nasional Presiden AS, Robert O’Brien, juga mengatakan virus tersebut bukanlah berasal dari Wuhan yang ada di Provinsi Hubei, China.

Di sisi lain Ketua Umum Partai Komunis China di Wuhan, Wang Zhonglin, menyebut AS sebagai negara yang menyebabkan virus corona menyebar secara global. Ia pun kemudian mempertanyakan mengapa AS tidak turut disalahkan.

O’Brien menyinggung upaya penanganan awal yang dilakukan China, karena dianggap sempat menutupi informasi terkait penyebaran virus corona.

“Seandainya tim WHO ada di sana, tim CDC juga ke sana seperti tawaran kami, saya pikir kita bisa membendung apa yang terjadi di China dan dunia,” kata dia. (*)

BERITA TERKAIT