China Peringatkan Amerika

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China memperingatkan potensi ‘kerusakan serius’ apabila Amerika Serikat tidak menarik diri dari segala bentuk kerja sama dengan Taiwan. Pejabat AS dan Taiwan rencananya akan melakukan pertemuan untuk membahas kerja sama ekonomi dan komersial akhir pekan ini.

Juru bicara kementerian luar negeri China, Wang Wanbin mendesak AS untuk menghentikan semua bentuk kerja sama dengan Taiwan. “China dengan tegas menentang pertemuan delegasi AS dan Taiwan. Saya ingin menekankan sekali lagi bahwa pertanyaan Taiwan berkaitan dengan kedaulatan dan integritas teritorial China dan menyangkut kepentingan inti China,” ucap Wang.

“Ini adalah masalah paling penting dan sensitif dalam hubungan China-AS. Prinsip satu-China adalah landasan politik hubungan China-AS. Kami mendesak pihak AS untuk mematuhi prinsip satu China dan tiga komunike bersama China-AS, dan untuk menghentikan semua bentuk hubungan resmi antara AS dan Taiwan,” tegasnya.

Wang mengancam AS untuk menghentikan semua bentuk hubungan resmi dengan Taiwan untuk menghindari kerusakan serius pada hubungan AS-China serta menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. (*)

BERITA REKOMENDASI