China Peringatkan Warga akan Kemungkinan Perang

Editor: Ivan Aditya

BEIJING (KRjogja.com) – Menteri Pertahanan China memperingatkan ketegangan yang terjadi di Laut China Selatan (LCS) bisa menimbulkan konfrontasi langsung. Ia pun meminta kepada militer, polisi, dan masyarakat umum untuk siap membela keutuhan wilayah negara itu.

Chang Wanquan membuat pernyataan tersebut saat meninjau instalasi militer di Provinsi China timur pesisir Zhejiang. “Keseriusan situasi kemanan nasional harus diakui, terutama ketika datang ancaman yang ditimbulkan dari laut. Militer, penegak hukum China, dan warga harus siap untuk mobilisasi dalam perang rakyat di laut,” kata Wanquan.

Menurut Wanquan, masyarakat umum harus dididik tentang isu-isu pertahanan nasional karena kedaulatan nasional dan integritas wilayah dalam ancaman. Pernyataan Wanquan ini muncul ditengah ketegangan yang belum pernah terjadi sebelumnya atas pulau-pulau yang disengketakan di LCS.

Angkatan laut Amerika Serikat (AS) telah mengirimkan kapal perang dan pesawat militer untuk mendekati pulau-pulau yang disengketakan secara langsung. AS mengatakan melakukan hal itu untuk memastikan prinsip-prinsip kebebasan navigasi di perairan internasional. Washington juga terlibat dalam sejumlah latihan militer di kawasan itu. (*)

BERITA REKOMENDASI