China Remehkan Amerika

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China menganggap langkah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mencabut status khusus Hong Kong sebagai tindakan yang tidak dapat diterima. Kementerian Luar Negeri China menganggap hal itu sebagai campur tangan kotor dalam urusan dalam negeri Tiongkok.

“Upaya AS untuk menghalangi implementasi UU Keamanan Nasional Hong Kong tidak akan pernah berhasil,” kata pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

Dengan dicabutnya status itu, Hong Kong akan diperlakukan sama seperti daratan China, tidak ada keistimewaan, juga tidak ada perlakuan ekonomi khusus. Selain itu, AS tidak lagi menjual teknologi sensitif ke Hong Kong.

Selain mencabut status khusus, Trump juga menandatangani undang-undang sanksi Tiongkok atas intervensi Hong Kong. UU tersebut memberikan kewenangan bagi pemerintahan Trump untuk menjatuhkan sanksi terhadap sejumlah pejabat China hingga aparat kepolisian Hong Kong yang dinilai terlibat dalam penerapan UU Keamanan Nasional wilayah tersebut.

Sanksi AS juga turut menyasar seluruh bank dan lembaga keuangan lainnya yang kedapatan bertransaksi dengan China. Dua langkah terbaru itu memicu hubungan AS dan China semakin panas. (*)

BERITA REKOMENDASI