China Sebut Sejumlah Negara Sengaja Sebar Hoax

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China menuding ada sejumlah negara yang sengaja menyebarkan informasi keliru di tengah pandemi virus corona (Covid-19) demi kepentingan tertentu. Rusia juga sepakat mengenai hal itu.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying usai mengadakan pertemuan virtual dengan perwakilan pemerintah Rusia, Maria Zakharova. “Kedua belah pihak (China-Rusia) sepakat bahwa negara-negara tertentu, akibat bias ideologi dan kebutuhan politik, telah menyebarkan informasi keliru, mendistorsi sejarah, mempolitisasi pandemi,” tutur Hua.

Hua mengatakan tindakan negara-negara yang itu meracuni opini masyarakat di seluruh dunia. Serta, menghambat kerja sama internasional dalam rangka melawan virus corona bersama-sama.

Hua tidak menyebutkan negara-negara tertentu yang dimaksud. Dia juga tidak menyebut Amerika Serikat secara gamblang meski sejauh ini bersitegang dengan negaranya.

Maria Zakharova mengatakan bahwa bahwa China dan Rusia jadi harus menghadapi retorika agresif dari negara tertentu dalam menanggulangi virus corona. Padahal, itu tidak semestinya menjadi hambatan.

Bahkan, kata Maria, negara-negara tertentu juga berupaya menginginkan konfrontasi dengan melakukan sejumlah provokasi. “Tidak akan berhasil. Saya pikir, jika kita melawan (bersama China) maka itu akan dua kali lebih efektif,” kata Maria. (*)

BERITA REKOMENDASI