China Siap Ambil Tindakan Militer

Editor: Ivan Aditya

CHINA (KRjogja.com) – Beijing mengancam Jepang akan meluncurkan aksi militer jika Tokyo tetap bertahan dengan sikapnya terhadap sengketa di Laut China Selatan (LCS). Para pejabat China dilaporkan telah menyampaikan peringatan itu kepada seorang pejabat tinggi Jepang.

Menurut sumber-sumber diplomatik, duta besar China untuk Jepang Cheng Yonghua mengatakan Jepang akan melewati ‘garis batas’ jika kapal Jepang ikut dalam operasi kebebasan navigasi Amerika Serikat (AS) di LCS. Tidak cukup sampai disitu, Yonghua bahkan mengatakan Beijing tidak akan ragu untuk mengambil tindakan militer.

eringatan keras China ini diduga terjadi pada bulan Juni lalu pada puncaknya ketegangan teritorial dengan negara lain. Pemicunya adalah putusan pengadilan arbitrase internasional yang menolak klaimkedaulatan unilateral China di kawasan itu terkait kasus yang diajukan oleh Filipina.

Jepang dan China tidak terlibat dalam sengketa di LCS. Meski begitu, kedua negara bersitegang dalam sengketa wilayah di Laut China Timur. Keduanya terlibat dalam sengketa kepulauan Senkaku. (*)

BERITA REKOMENDASI