China Tahan Staf Konsulat Inggris

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China mengonfirmasi telah menahan seorang staf konsulat Inggris untuk Hong Kong di Kota Shenzhen, Provinsi Guandong. Kementerian Luar Negeri China menuturkan staf konsulat Inggris yang diketahui bernama Simon Cheng itu ditahan karena melanggar aturan keamanan publik tanpa menjelaskan lebih detail.

Berbicara dalam jumpa pers harian di Beijing, juru bicara Kemlu China, Geng Shuang, mengatakan Cheng telah ditahan selama 15 hari oleh kepolisian Shenzhen. Media lokal Hong Kong, HK01, menuturkan Simon Cheng tak kunjung kembali dari perjalanan bisnisnya di Shenzhen sejak 9 Agustus lalu.

Melalui unggahan di Facebook, keluarga juga telah membenarkan bahwa Cheng belum kembali setelah pergi ke Shenzhen pada 8 Agustus pagi untuk urusan bisnis.

Cheng merupakan warga China namun telah bekerja cukup lama untuk konsulat Inggris di Hong Kong. Geng mengatakan karena Cheng adalah warga negara China maka masalah ini sepenuhnya merupakan urusan dalam negeri negaranya.

Dalam kesempatan itu, Geng turut merespons pernyataan Inggris yang menyayangkan penahanan Cheng. "Ada pun Inggris berkomentar soal ini, kami telah menyatakan dengan tegas, berhenti mencampuri urusan Hong Kong dan berhenti mencampuri urusan dalam negeri China," kata Geng. (*)

BERITA REKOMENDASI