China Tak Terima Dituduh Amerika

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Pemerintah China membantah tuduhan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyalahkan Negeri Tirai Bambu itu atas pandemi virus corona yang disebutnya sebagai ‘pembunuhan massal di seluruh dunia’.

Tuduhan ini sebelumnya disampaikan Trump dalam cuitan di akun Twitter pada Rabu (20/05/2020) pagi waktu setempat. Trump menyebut istilah ‘wacko in China’ yang menjadi retorika terbaru dari Gedung Putih untuk China.

“Itu adalah ketidakmampuan China. Tidak ada yang lain yang melakukan ‘pembunuhan massal’ di seluruh dunia ini,” katanya.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian dalam konferensi pers menegaskan bahwa pemerintah China tetap menyajikan kebenaran dan berupaya melakukan yang terbaik untuk melindungi kesehatan rakyatnya.

“Kami tetap berbicara kebenaran, menyajikan kebenaran, dan berbicara dengan masuk akal, melakukan yang terbaik untuk melindungi kehidupan dan kesehatan rakyat,” ucap Zao.

Dalam pernyataannya, Zao menegaskan kembali sikap China yang selalu bersikap terbuka, transparan, dan bertanggung jawab saat memerangi pandemi.

Ia menambahkan, pemerintah telah melakukan yang terbaik dengan berupaya membuka kerja sama internasional untuk melawan corona. (*)

BERITA REKOMENDASI