China Tak Terpengaruh Hasil Pemilu Amerika

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China berharap siapapun presiden Amerika Serikat terpilih untuk periode 2020-2024, tidak menggaungkan sikap bermusuhan. Saat ini capres petahana Donald Trump dan lawannya, Joe Biden tengah menantikan hasil penghitungan suara Pilpres AS 2020.

Menteri Luar Negeri China Le Yucheng berharap pemerintahan AS nantinya menjunjung semangat non-konflik, non-konfrontasi, serta win-win solution. Hal tersebut menurut dia akan turut mendorong pengembangan hubungan China-AS ke jalur yang benar.

Pernyataan itu terlontar sebagai tanggapan atas Pilpres AS dan prediksi hubungan kedua negara ke depan. Le berkata bahwa China dan AS jelas memiliki perbedaan dalam berbagai bidang. Namun ada beberapa kepentingan serupa.

Di tengah keruhnya hubungan kedua negara beberapa tahun terakhir, Le berharap agar pemimpin yang terpilih bisa segera memperbaiki hal tersebut.

Ia tidak secara gamblang mengungkapkan kepada siapa China memberikan dukungan dalam Pilpres AS kali ini. Namun sebagaimana diketahui, saat Trump memimpin, hubungan AS dan China disebut jatuh ke dalam titik terendah. (*)

BERITA REKOMENDASI