China Tantang Perang Taiwan

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China menggertak akan mengobarkan peperangan jika Taiwan masih berkeras ingin berpisah dengan dukungan kekuatan asing.

“Kami memperingatkan elemen pro-kemerdekaan Taiwan: mereka yang bermain dengan api akan terbakar, dan kemerdekaan Taiwan berarti perang,” kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian.

Wu menyatakan Taiwan adalah bagian tidak terpisahkan dari China. Terkait dengan peningkatan aktivitas militer, termasuk mengerahkan jet tempur dan pesawat pengebom yang mendekati ruang udara Taiwan, dia mengatakan hal itu bertujuan untuk menjaga kedaulatan China.

China menyatakan segelintir penduduk Taiwan berupaya memerdekakan diri dengan membentuk pemerintahan. Namun, Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, menyatakan mereka memang sudah menjadi negara merdeka, dengan nama formal Republik China.

Taiwan selama ini menyatakan akan menghadapi seluruh ancaman dan intimidasi dari China. Tsai juga mengatakan dia akan mempertahankan kemerdekaan Taiwan dan tidak akan mundur. (*)

BERITA REKOMENDASI