China Terus Perkuat Rudal Hadapi Amerika

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Militer China meningkatkan jumlah brigade rudal balistik dalam tiga tahun terakhir demi meningkatkan kemampuan serangan nuklirnya, di tengah ketegangan dengan Amerika Serikat terus meningkat.

Tentara Pembebasan Rakyat China saat ini memiliki 40 brigade pasukan roket, meningkat 35 persen dibandingkan 2017 lalu. Lembaga pemikir itu juga mengatakan bahwa China masih mengembangkan lebih banyak brigade pasukan roket untuk pertahanan di masa depan.

Laporan tersebut memperkirakan setengah brigade pasukan roket China memiliki peluncur rudal balistik atau rudal jelajah. Jumlah tersebut diperkirakan masih bisa bertambah ketika pembangunan pangkalan rudal China selesai.

Sebanyak 12 brigade pasukan roket China dikerahkan di wilayah komando timur dan selatan. Belasan pasukan roket itu berfokus mengawasi Selat Taiwan dan Laut China Selatan.

Beberapa gambar satelit menunjukkan sejumlah pangkalan rudal China di provinsi Fujian dan Guangdong terus diperluas dan ditingkatkan kapasitasnya dalam beberapa tahun terakhir.

Beijing bahkan dilaporkan telah mengerahkan rudal hipersonik canggih, DF-17, ke wilayah itu. (*)

BERITA REKOMENDASI