China Tingkatkan Anggaran Militer

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China menyebut peningkatan anggaran militernya untuk 2018 merupakan langkah yang proporsional dan nilainya terbilang rendah. Penambahan terbesar dalam tiga tahun terakhir ini, menurut Beijing, bukan untuk bersaing dengan Amerika Serikat.

Pada pembukaan rapat parlemen, China mengumumkan peningkatan anggaran pertahanan sebesar 8,1 persen, mendorong program modernisasi militernya yang ambisius dan membuat negara-negara tetangga seperti Jepang dan Korea Selatan khawatir.

Anggaran pertahanan China dipantau oleh seluruh dunia untuk mencari tahu niat strategis Beijing yang tengah mengembangkan kapabilitas militernya, termasuk jet tempur siluman, kapal induk dan peluru kendali anti-satelit.

China berkeras anggaran militernya transparan dan tidak mengancam pihak manapun, hanya berdasarkan kebutuhan pembaruan alat-alat lama dan mempertahankan kepentingan sahnya, meski semakin menunjukkan sikap tegas dalam sengketa Laut China Selatan.

China memandang Amerika Serikat sebagai ancaman keamanan terbesarnya. Negara dengan anggaran pertahanan terbesar itu kerap mengkhawatirkan Beijing dengan menggelar patroli kebebasan navigasi di Laut China Selatan dan sama-sama merasa tersaingi. (*)

BERITA REKOMENDASI