China Tutup Paksa Konsulat Amerika

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Pemerintah China menyatakan telah mencabut izin pembukaan kantor konsulat Amerika Serikat di Chengdu, Provinsi Sichuan. Langkah itu dilakukan Beijing sebagai balasan atas tindakan serupa AS yang menutup paksa kantor konsulat China di Houston, Texas, karena diduga menjadi sarang intelijen Negeri Tirai Bambu.

“Langkah balasan ini adalah tanggapan yang sah dan perlu terhadap manuver tidak masuk akal oleh Amerika Serikat,” kata Kementerian Luar Negeri China.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, menyatakan alasan mereka mendesak China menutup kantor konsulat di Houston, Texas, karena negara itu dicurigai melakukan aktivitas pencurian kekayaan intelektual.

Pompeo mengatakan kegiatan konsulat China di Houston mempunyai dampak besar. Dia juga menuding konsulat China di Houston merupakan pusat aktivitas mata-mata pemerintahan Presiden Xi Jinping di AS.

China mengecam keras tindakan dan tuduhan AS tersebut yang dinilai melanggar hukum internasional dan perjanjian kekonsuleran antara kedua negara. (*)

BERITA REKOMENDASI