CIA Terus Selidiki Kasus Pembunuhan Khashoggi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, memastikan bahwa Badan Intelijen Pusat (CIA) masih menyelidiki lebih lanjut kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, jurnalis yang tewas di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober lalu.

"Mereka masih menyelidikinya. Mereka masih mengumpulkan fakta mengenai pembunuhan Jamal Khashoggi," ujar Pompeo.

Dengan pernyataan ini, Pompeo membantah laporan The Washington Post yang menyatakan bahwa CIA sudah menarik simpulan bahwa Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) memerintahkan langsung pembunuhan Khashoggi.

Menurut Pompeo, belum ada bukti langsung yang membuktikan bahwa Mohammed terkait dengan pembunuhan Khashoggi. Sebelumnya, Presiden Donald Trump juga mengatakan bahwa CIA belum menarik simpulan apa pun terkait kasus pembunuhan kolumnis The Washington Post tersebut.

Trump bahkan mengaku akan tetap mendukung MbS meski Senat sudah mendesaknya untuk mengeluarkan kecaman terkait kasus ini. "Dia adalah pemimpin Arab Saudi. Mereka adalah sekutu yang sangat baik," ujar Trump.

Ketika ditanya apakah mendukung pemerintah Saudi berarti membela MbS, Trump hanya menjawab, "Ya, untuk saat ini, memang demikian." (*)

BERITA REKOMENDASI