Clinton Ungguli Trump

Editor: Ivan Aditya

WASHINGTON (KRjogja.com) – Penampilan cemerlang Calon Presiden AS Hillary Clinton dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat (DNC) telah berdampak positif terhadap popularitas mantan menteri luar negeri Amerika tersebut. Bahkan, hasil survei CNN dan ORC sebagaimana dirilis laman CNN, Selasa (02/08/2016) menunjukkan Clinton munggul atas Trump.

Dalam hal ini, Clinton meraih 52 persen, sedangkan rivalnya mendapatkan 43 persen. Hasil ini merupakan peningkatan yang signifikan dan positif bagi kampanye Clinton sejak Mei 2016 lalu. Sebelum konvensi Partai Demokrat dua pekan lalu, Trump unggul tipis atas Clinton. Saat itu, laporan AFP yang mengutip hasil jajak pendapat CNN menunjukkan bahwa 56 persen warga Amerika kemungkinan memilih Trump.

Hasil wawancara trehadap sejumlah responden menunjukkan bahwa mayoritas pendukung Clinton (58 persen) mengatakan, mereka memilih istri Bill Clinton tersebut karena tak ingin Trump menjadi presiden AS. Sementara para pemilih Trump (50 persen) dalam jajak pendapat tersebut menyatakan memilih Trump karena tak ingin Clinton jadi presiden. Berdasarkan analisis kualitatif dari wawancara tersebut, terlihat bahwa pendukung Clinton lebih solid ketimbang pendukung Trump.

Para responden yang mendukung Clinton menyatakan bahwa penampilan Clinton yang brilian dalam DNC di Philadelphia telah membuat mereka mantap untuk memilih mantan menlu tersebut sebagai presiden perempuan pertama AS. Penampilan Clinton dalam DBC pekan lalu dipuji banyak orang karena dia tampil sebagai sosok yang inklusif. (*)

BERITA REKOMENDASI