Coba Bajak MH 128, Pria Ini Dibebaskan

MELBOURNE, KRJOGJA.com – Warga negara Sri Lanka yang mencoba membajak pesawat maskapai Malaysia Airlines MH128 sempat dibawa ke fasilitas pemeriksaan kesehatan jiwa di Melbourne, Australia. Pria yang belum diketahui namanya itu sempat mengancam akan meledakkan pesawat saat masih berada di udara.

Akibat ulahnya, pesawat dengan tujuan Kuala Lumpur, Malaysia, itu terpaksa berputar balik ke Bandara Tullamarine, Melbourne. Pria yang hanya diketahui berusia 25 tahun itu langsung ditangkap dan menjalani pemeriksaan atas dugaan gangguan mental.

“Ia sudah membeli tiket untuk penerbangan setelah dipersilakan pulang dari Pusat Medis Monash di Clayton,” tutur Kepala Komisioner Kepolisian Negara Bagian Victoria, Graham Ashton, mengutip dari Sydney Morning Herald, Kamis (1/6/2017).

Ia menambahkan, pria itu sempat akan ditanyai setelah dinyatakan fit untuk interogasi oleh pusat medis. Pria Sri Lanka itu juga akan dikenakan pasal sekaligus menghadapi persidangan di Pengadilan Magistrat Melbourne. Akan tetapi, pria itu kemudian dibebaskan dan dipersilakan pergi.

“Kami tidak lagi menganggapnya sebagai insiden terorisme. Kami sempat mengira terorisme berdasarkan laporan dan penilaian awal. Kemudian kami menetapkan bahwa kasus ini berkaitan dengan gangguan kesehatan mental,” sambung Graham Ashton. (*)

BERITA REKOMENDASI