Coba Kabur dari Penjara, Tahanan di Thailand Tewas Tersetrum

BANGKOK, KRJOGJA.com – Seorang tahanan di Thailand tewas pada Selasa pagi, 25 Desember setelah tersengat listrik dari kawat duri bertegangan tinggi ketika berusaha melarikan diri dari penjara.

Diwartakan AFP, Rabu (26/12/2018), Wiwat Aksorsom (32) mencoba kabur dari selnya tepat setelah tengah malam bersama dua tahanan lainnya dengan memanjat dinding penjara setinggi 6 meter di Provinsi Surat Thani, Thailand Selatan. Namun secara tidak sengaja, ia menyentuh kawat duri beraliran listrik yang terletak pada puncak dinding penjara dan tewas.

"Petugas penjara menemukan mayatnya di dinding setelah dia tersengat listrik," kata Kolonel Wanchai Palawan, pengawas kepolisian distrik Chaiya, Provinsi Surat Thani, kepada AFP.

Wiwat merupakan tahanan yang ditangkap karena kedapatan memiliki 38 tablet metamfetamin, dan sedang menjalani masa tahanan sambil menunggu penyelidikan polisi.

Dua tahanan lainnya, yang juga dipenjara karena pelanggaran narkoba, berhasil melewati dinding penjara tanpa menyentuh kabel bertegangan tinggi itu.

Salah seorang di antara mereka berhasil ditangkap kembali setelah lengannya patah ketika mendarat di sisi lain dinding. Sementara seorang lainnya ditemukan beberapa jam kemudian setelah polisi melakukan pencarian di wilayah sekitar penjara. "Mereka mengatakan rindu dengan rumah," tambah Wanchai.

Seluruh penjara di Thailand memang sudah dilengkapi dengan tembok dengan kawat listrik bertegangan tinggi sebagai pencegahan bagi tahanan yang berusaha melarikan diri.

Sebagian besar penjara di sana juga sangat padat, mengingat Thailand termasuk salah satu negara dengan tingkat penahanan tertinggi di dunia karena hukuman yang keras terhadap kasus narkotika. hukuman tersebut menyebabkan para pengedar dan pengguna narkoba, termasuk perempuan, mendekam di balik jeruji besi untuk waktu yang lama. (*)

 

BERITA REKOMENDASI