Corona Belum Usai, Belanda Waspada Flu Burung

Editor: Ivan Aditya

BELANDA, KRJOGJA.com – Pemerintah Belanda waspada usai peneliti baru-baru ini menemukan virus flu burung pada enam angsa liar yang mati mendadak. Mereka telah memerintahkan peternakan untuk memelihara unggas mereka di dalam ruangan.

Menteri Pertanian Belanda, Carola Schouten, menyatakan bahwa perintah tersebut mulai berlaku pada Kamis (22/10/2020) tengah malam waktu setempat. Dia kemudian mengungkapkan bahwa para ahli percaya jenis flu burung H5N8 kemungkinan dibawa ke Belanda oleh burung yang bermigrasi dari Rusia dan Kazakhstan. Burung-burung di sana diketahui ada yang sudah terinfeksi.

Pengamanan unggas di dalam ruangan pada peternakan dimaksudkan untuk mencegah penularan. Di sisi lain pencegahan seringkali dilakukan dengan cara membunuh unggas yang terinfeksi.

Ratusan peternak di Belanda memelihara jutaan ayam dan unggas lainnya untuk menghasilkan telur dan daging. Banyak burung dipelihara di kandang dalam ruangan. Sampai saat ini, belum ada informasi apakah sudah ada penduduk yang terinfeksi virus tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI