Corona Dikhawatirkan Jadi Penyakit Musiman

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Para ilmuwan mengatakan, Virus Corona mustahil untuk di berantas. Pasalnya hingga kini kabar mengenai vaksinnya tak kunjung ditemukan, sementara jumlah korban terus meningkat dari hari ke hari.

Wabah ini dikhawatirkan akan menjadi penyakit musiman, alias kembali muncul tiap tahun seperti flu musiman. Peneliti virus dan medis di China mengatakan Virus Corona itu tidak mungkin hilang seperti halnya SARS.

Para peneliti mengungkapkan, ada banyak kasus di mana penderita menularkan pada orang lain setiap hari tanpa diketahui. Jin Qi, direktur Institut Biologi Patogen di Akademi Ilmu Kedokteran Tiongkok, mengatakan, “Ini sangat mungkin, menjadi epidemi yang hidup berdampingan dengan manusia untuk waktu lama.”

“Penyakit ini bisa menjadi musiman dan berkelanjutan dalam tubuh manusia,” jelasnya.

Para ahli di China, menambahkan bahwa mereka menemukan bukti penyebaran virus bisa melambat selama musim panas, namun mereka tidak bisa mati karena butuh suhu tertentu untuk memusnahkannya.

Wang Guiqiang, kepala departemen penyakit menular Rumah Sakit Pertama Universitas Peking, mengatakan, “Virus itu peka terhadap panas, tetapi hanya saat terpapar 56 derajat selama 30 menit, sementara cuaca tidak akan sepanas itu.”

“Jadi secara global, bahkan selama musim panas, kemungkinan kasus virus ini turun secara signifikan sangat kecil,” jelasnya.

Satu-satunya cara untuk mengendalikan virus ini hanyalah berharap vaksin virus ini segera ditemukan, sebelum menginfeksi semua orang di dunia. Namun, vaksin virus corona butuh waktu yang cukup lama dalam pengembangannya. (*)

BERITA REKOMENDASI