Corona Meluas di Italia, KBRI Roma: WNI Aman

ITALIA, KRJOGJA.com – Pemerintah Italia menerapkan kebijakan karantina alias lock down di beberapa wilayahnya yang terdampak Virus Corona (COVID-19), salah satunya wilayah Lombardia. Total ada 16 juta yang otomatis terisolasi akibat kebijakan ini.

Wilayah yang terisolasi adalah seluruh wilayah Lombardia, wilayah Veneto (Provinsi Venezia, Padova, Treviso), wilayah Emillia Romagna (Provinsi Modena, Parma, Piacenza, Reggio Emilia, Rimini), wilayah Piemonte (Provinsi Alessandria, Asti, Novara, Verbano, Vercelli), dan wilayah Marche (Provinsi Pesaro-Urbino).

Ada sekitar seribu WNI yang tinggal di daerah tersebut. KBRI Roma memastikan bahwa WNI di Italia dalam keadaan aman dan negatif Virus Corona.

“Saat ini tercatat terdapat 1.239 WNI yang tinggal menetap di berbagai wilayah tersebut.” tulis Kementerian Luar Negeri dalam keterangan resmi seperti dikutip Senin (9/3/2020). “Hingga saat ini belum ada WNI yang terinfeksi COVID-19 di wilayah lock down,” jelas Kemlu.

KBRI Roma telah dan terus berkoordinasi dengan otoritas setempat, serta menjalin komunikasi dan koordinasi dengan para WNI di wilayah tersebut termasuk melalui berbagai koordinator wilayah masyarakat Indonesia. Para WNI memilih beraktivitas di rumah dan pada umumnya bersikap tenang.

“Suplai bahan pangan sehari-hari masih terjamin. KBRI Roma juga telah menyusun panduan langkah kontijensi dan menetapkan nomor hotline COVID-19 serta menyampaikan himbauan langkah-langkah pencegahan,” jelas Kemlu.

Pihak KBRI meminta agar WNI tetap tenang, mengambil langkah pencegahan, dan selalu memantau informasi dari sumber resmi.

Berdasarkan pantauan peta Gis And Data, kasus Virus Corona di Italia adalah yang tertinggi di Eropa dengan keseluruhan 7.375 kasus. Total pasien meninggal ada 366 orang dan 622 sembuh.(*)

BERITA REKOMENDASI