Corona Tunda Pemilu Selandia Baru

Editor: Ivan Aditya

SELANDIA BARU, KRJOGJA.com – Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menyatakan pemilihan umum ditunda selama empat minggu hingga 17 Oktober. Keputusan itu diambil setelah kembali merebaknya virus corona di negara itu menghambat jalannya kampanye.

“Keputusan ini memberi waktu kepada semua partai selama sembilan minggu ke depan untuk berkampanye dan KPU cukup waktu untuk memastikan pemilu bisa berjalan,” kata Ardern.

Pemilu sejatinya bakal digelar pada 19 September mendatang. Namun Selandia Baru tengah berjuang kembali merebaknya Covid-19.

Akibatnya penguncian wilayah atau lockdown kota terbesar di Selandia Baru, Auckland diperpanjang pada Jumat (14/8) kemarin hingga 12 hari ke depan.

“Itu berarti Auckland akan tetap di level 3 dan seluruh Selandia Baru akan tetap di level 2 hingga pukul 23.59 pada Rabu (26/8),” kata Ardern.

Sebelum diperpanjang, pemerintah sudah mengunci Auckland untuk tiga hari sejak Rabu (12/08/2020). Namun kemunculan kasus baru dalam tiga hari terakhir membuat pemerintah memutuskan untuk memperpanjang lockdown. (*)

BERITA REKOMENDASI