Covid-19 Asia-Pasifik Melonjak dalam Dua Pekan

JAKARTA, KRjogja.com – Federasi Palang Merah Internasional, Rabu (12/5/2021) menyatakan, kasus virus Covid-19 meledak di Asia dan Pasifik dengan lebih dari 5,9 juta infeksi baru yang dikukuhkan dalam dua pekan terakhir. Jumlah itu lebih banyak daripada wilayah-wilayah lain jika digabungkan.

Organisasi itu memperingatkan bahwa lonjakan kasus itu mendorong rumah-rumah sakit dan sistem-sistem kesehatan ke ambang kehancuran.

Palang Merah mengatakan, tujuh dari 10 negara di dunia yang paling cepat menggandakan angka infeksi mereka berada di kawasan Asia dan Pasifik.

Laos hanya membutuhkan waktu 12 hari untuk melihat kasusnya berlipat ganda, dan jumlah infeksi yang dikonfirmasi di India telah berlipat ganda dalam waktu kurang dari dua bulan menjadi lebih dari 23 juta.

“Covid-19 meledak di sebagian besar Asia, membebani rumah sakit dan sistem layanan kesehatan. Lebih banyak orang telah didiagnosis dengan penyakit ini di Asia selama dua pekan terakhir dibandingkan di Amerika, Eropa, dan Afrika jika digabungkan,” kata direktur Palang Merah untuk kawasan Asia Pasifik, Alexander Matheou.

“Saat ini, kami membutuhkan solidaritas global untuk kawasan ini. Kami membutuhkan lebih banyak peralatan medis, dukungan pencegahan, dan akses segera ke vaksin,” katanya.

BERITA REKOMENDASI