Covid Varian Afrika Selatan Muncul di Brazil

Editor: Ivan Aditya

BRAZIL, KRJOGJA.com – Brazil mencatat temuan pertama kasus Covid-19 varian Afrika Selatan yang cepat menular. Hal ini menjadi peringatan bahaya terkini bagi negara yang amat terdampak oleh pandemi itu.

Seorang perempuan di negara bagian Sao Paulo dikonfirmasi terinfeksi dengan varian Afrika Selatan. Hal itu pertama kali diidentifikasi oleh lembaga biomedis Butantan sebagai kemungkinan kasus varian lokal baru.

Temuan varian Afrika Selatan ini menambah kekhawatiran bahwa gelombang Covid-19 yang secara brutal menghantam Brazil bisa terus menerjang hingga berminggu-minggu mendatang.

Kementerian Kesehatan Brazil melaporkan rekor satu hari itu sebanyak 4.195 kematian. Sejumlah pakar menilai, situasi pandemi Covid-19 di negara terbesar di Amerika Selatan itu memungkinkan Brazil melampaui Amerika Serikat sebagai kasus paling mematikan.

Sementara itu, analisis lebih lanjut menegaskan temuan teranyar ini sebagai kasus lokal pertama dari varian yang menyebar di Afrika Selatan dan wilayah lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI