Danau di Iran Tiba-tiba Berubah Warna

Editor: Ivan Aditya

IRAN (KRjogja.com) – Danau di Iran bernama Urmia tiba-tiba berubah warna. Saat ini air dari danau terbesar di Timur Tengah itu nampak seperti tumpahan darah.

Pada April 2016 silam, satelit NASA mengcapture gambar Danau Urmia dengan warna hijau. Akan tetapi pada pertengahan Juli, air di danau tersebut berubah warna menjadi merah darah.

Satelit itu kemudian mengetahui yang menyebabkan air danau memerah adalah kumpulan alga dan bakteri yang mengubah danau menjadi kolam raksasa berwarna merah. Kekeringan, panas dan meningkatnya permintaan air untuk irigasi menyebabkan danau menyusut seperti beberapa danau di Iran utara dekat perbatasan Turki.

Konsentrasi garam yang tinggi dan perairan yang hangat membuat apa yang tersisa dari danau menjadi tempat berkembang biak ganggang Dunaliella yang dapat mengubah air berwarna merah darah.

"Dalam lingkungan laut, Dunialiella salina muncul hijau, akan tetapi dalam kondisi salinitas dan intensitas cahaya tinggi, mikro alga berubah merah karena produksi karotenoid," kata ilmuwan Universitas Stutgart, Mohammad Tourian seperti dikutip Huffingtonpost, Kamis (11/08/2016).

Keluarga dari bakteri yang disebut Halobacteriaceae selalu menggunakan pigmen merah untuk menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi dengan jumlah lebih besar dan mereka di dalam air dapat berkontribusi terhadap rona kemerahan. Sebenarnya proses perubahan warna itu terjadi dalam waktu yang lama, namun selama ini salju di pegunungan mencair yang menetralkan kembali warna air. (*)

BERITA REKOMENDASI