Debat Capres Amerika Pecahkan Rekor Penonton Televisi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Jutaan pasang mata di dunia tertuju kepada Debat Capres AS 2016 di Hofstra University, New York pada Senin 26 September 2016 malam waktu setempat. Tak pelak, ajang debat antara Hillary Clinton dengan Donald Trump itu memecahkan rekor jumlah penonton televisi.

Debat Capres AS setiap empat tahun sekali memang menjadi semacam tontonan rakyat. Namun, Hillary Clinton dan Donald Trump begitu menyedot perhatian. Seperti dimuat ITV, Rabu (28/09/2016), tercatat 84 juta pasang mata menyaksikan perdebatan antara kandidat dari Partai Demokrat melawan Partai Republik itu.

Jumlah tersebut memecahkan rekor jumlah penonton debat capres sebelumnya yang dicapai pada 1980. Saat itu, debat antara Jimmy Carter dengan Ronald Reagan disaksikan 80,6 juta penonton lewat layar kaca.

Jumlah yang dicapai pada 2016 hanya dihitung dari 13 stasiun televisi di Negeri Paman Sam yang menyiarkan secara langsung. Dengan demikian, jumlah penonton siaran tersebut dipastikan lebih besar lagi. Sebab, jutaan orang di seluruh dunia menyaksikan Debat Capres AS 2016 lewat online streaming di Twitter dan Facebook serta acara nonton bareng di bar.

Media sosial Youtube melaporkan dua juta orang menonton debat tersebut secara langsung di situs pencarian video terpopuler itu. Menurut data ABC Nielsen, NBC News berhasil meraih jumlah penonton paling tinggi dengan perkiraan 18,2 juta orang. Disusul kemudian oleh Fox News dengan jumlah 11,4 juta pemirsa.

Hillary Clinton dan Donald Trump masih akan mengikuti dua Debat Capres AS 2016 sebanyak dua kali, yakni pada 9 dan 19 Oktober. Diprediksi, jumlah total penonton dalam debat-debat berikutnya akan terus bertambah. (*)

BERITA REKOMENDASI