Debat Perdana Trump – Biden Sengit

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Debat putaran pertama antara calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan rivalnya dari Partai Demokrat, Joe Biden akan berlangsung pada Selasa (29/09/2020) malam waktu setempat.

Debat bertempat di Case Western Reserve University and Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio, AS. Debat yang diadakan di Ohio itu akan menjadi rangkaian proses kampanye jelang pemungutan suara pada 3 November mendatang.

Ohio dipandang sebagai basis negara bagian yang solid bagi Partai Republik dengan kemenangan Trump pada 2016 lalu dengan perolehan delapan poin. Baik Biden maupun Trump mengaku sangat menantikan debat yang akan berlangsung selama 90 menit tersebut.

Nantinya akan dibagi dalam enam segmen yang masing-masing berdurasi 15 menit. Secara keseluruhan, debat akan berjalan selama 90 menit tanpa jeda iklan, tanpa pidato pembukaan, dan pertanyaan pertama akan ditujukan kepada Trump.

Chris Wallace ditunjuk sebagai moderator dalam debat perdana. Meski Fox News dinilai sebagai media yang berpihak pada Trump dalam peliputannya selama empat tahun terakhir, tapi Wallace dipandang sebagai jurnalis yang relatif independen dan tak berpihak.

Wallace mendapat pujian atas wawancaranya dengan Trump pada Juli lalu. Saat itu, dia menantang Trump terkait jumlah kematian akibat virus corona. Jelas, Wallace bukanlah favorit Trump. (*)

BERITA REKOMENDASI