Delegasi Amirul Hajj Tekankan Kemabruran Haji

Editor: KRjogja/Gus

MAKKAH, KRJOGJA.com – Delegasi Amirul Hajj akan mengunjungi sektor-sektor, hotel yang didiami jemaah untuk menyampaikan motivasi, manasik haji, bimbingan yang perlu ditekankan terkaitl penyelenggaraan haji tahun ini.

"Disepakati delegasi akan mengunjungi sektor-sektor setiap hari dari jam 09.00-11.00 pagi WAS selama dua jam. Mereka akan didampingi konsultan ibadah haji dan beberapa petugas sektor yang ada," ucap Menag RI Lukman Hakim Saifuddin usai memimpin rapat konsolidasi Delegasi Amirul Hajj di Kantor Urusan Haji Indonesia Makkah, Kamis (1/8) malam.

Hal tersebut menurut Menag guna memotivasi jemaah agar tetap bisa menjalankan haji dengan sebaik-baiknya. Harapannya dapat mencapai tingkat kemabruran, khususnya ketika mereka kembali ke tanah air.

"Kami juga bersyukur anggota delegasi Amirul Hajj berasal dari daerah yang berbeda-beda. Ada yang dari Sumatera Utara, Makassar, Jabar, Jateng dan lainnya. Kami akan mengirim mereka ke tempat-tempat sesuai zonasi jemaah," sambung Menag.

Selain itu Lukman juga menjelaskan nantinya sedapat mungkin delegasi Amirul Hajj akan masuk pada wilayah-wilayah yang ikhtilafi secara syar’i hingga muncul keragaman pandangan secara teknis yang sifatnya fiqiyah.

"Jadi bapak-bapak delegasi Amirul Hajj akan lebih bicara pada hal-hal yang sifatnya makro dalam rangka memotivasi jemaah dan meluaskan pengetahuan mereka terkait filosofi haji. Hal-hal yang intinya menjadi ciri dari kemabruran haji itu sendiri," ucapnya.

Sebab kemabruran secara sosial yang perlu lebih ditekankan karena kemabruran itu dampaknya diharapkan ketika jemaah haji kembali ke Tanah Air. Sehingga mereka mampu menebarkan kemaslahatan bagi masyarakat dan lingkungannya. (Feb)

 

 

BERITA REKOMENDASI