Demi Dapatkan Greenland, Trump Rela Jual Puerto Rico

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Donald Trump disebut ingin menjual Puerto Rico atau menukarnya dengan Greenland karena ia beranggapan bahwa wilayah Amerika Serikat di Karibia itu kotor dan miskin. Hal itu diungkapkan oleh mantan Kepala Staf Kementerian Keamanan Dalam Negeri Miles Taylor.

Taylor menyebut pandangan Trump itu terlontar kala ia akan menggelar operasi dukungan setelah dua badai besar menghempas pulau di Laut Karibia tersebut pada 2017 lalu. Taylor mengatakan sesaat sebelum kunjungan ke Puerto Rico pada 2018, Trump yang kerap mengutarakan ingin mencaplok Greenland dari Denmark, serius menyebut ia ingin menjual Puerto Rico.

“Dia mengatakan kepada kami, bukan hanya ia ingin beli Greenland, dia sungguh mengatakan ingin melihat apakah mungkin kami menjual Puerto Rico,” kata Taylor. Atau menukar Puerto Rico dengan Greenland, karena menurutnya, Puerto Rico itu kotor dan masyarakatnya miskin,” lanjutnya.

Mantan pejabat itu mengatakan tak menganggap ucapan Trump tersebut sebagai candaan semata. “Di sana itu adalah orang Amerika juga. Kita tidak membicarakan sesama orang Amerika dengan cara seperti itu,” kata Taylor.

“Dan faktanya bahwa Presiden Amerika Serikat ingin mengambil wilayah orang Amerika dan menukarnya dengan punya negara asing itu lebih dari sekadar cacat,”

Trump telah lama mengungkapkan ketidaksukaannya dengan pulau berpenduduk tiga juta orang tersebut. Banyak di antara penduduk Puerto Rico tinggal di daratan Amerika Serikat, terutama Florida dan New York yang jadi asal Trump, karena masalah ekonomi yang sulit di sana. (*)

BERITA REKOMENDASI